Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, July 28, 2020

Peringatan 1 Sura, Pesilat Dilarang Datang ke Madiun, Walikota Tidak Mau Pesilat Jadi Klaster Baru

        Tidak ingin jadi klaster baru, peringatan 1 Sura ditiadakan tahun ini.

Gemawilis.com - Selasa (28/7/2020) Walikota Madiun mengadakan rapat bersama Forkopimda dan 14 pengurus perguruan silat di gedung GCIO Kota Madiun, terkait peringatan 1 Muharam atau 1 Sura yang biasanya selama ini Kota Madiun selalu ramai didatangi oleh para pesilat.

Mengacu dengan masih adanya pandemi Covid-19 yang masih mengancam kesehatan masyarakat. Maka dalam rapat itu diputuskan Peringatan 1 Muharam di tahun ini tidak akan ada kegiatan pengumpulan massa dalam jumlah besar atau kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumun.
Walikota Madiun, Drs. H. Maidi mengatakan dalam forum yang sudah disepakati bersama itu, bahwa di tahun ini tidak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa saat peringatan 1 Sura. Seluruh perwakilan dari 14 perguruan silat, termasuk PSHT dan PSHW juga berkomitmen untuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang mengundang massa.

“Biasanya banyak kegiatan dari pesilat setiap 1 Sura. Tapi kan instruksinya harus taat dengan protokol kesehatan. Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi covid 19, "ungkap Walikota.

Namun pihaknya mempersilakan bagi perguruan silat yang akan menyelenggarakan kegiatan seperti pengesahan warga. Tetapi, kegiatan pengesahan hanya khusus untuk pesilat dari Kota Madiun.

“Pendekar dari luar kota jangan masuk dulu. Kita saling menjaga. Jangan sampai pendekar dari luar kota ke sini. Saya tidak ingin pesilat dijadikan kambing hitam misal ada klaster baru. Jangan masuk ke Madiun. Nanti saja kalau sudah normal, "paparnya.

Walikota juga mengatakan, Pemkot akan memfasilitasi perguruan silat yang akan melaksankan pengesahan secara online. "Kami akan meminjamkan perangkat untuk pelaksanaan video conference bagi perguruan silat yang membutuhkan, "pungkasnya. (Tim/gw)


BERITA TERKAIT