Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, July 31, 2020

Masih Pada Ingat Gak, Nama Hewan Ini Apa, Kemana Sekarang?

Gambar bokbokcong atau red cotton bug, serangga
yang sering hidup di tanaman jenis kapuk (fot: istimewa)
Gemawilis/Kabar Satwa - Kecil menarik, warna badannya di dominasi warna oranye mencolok dengan kombinasi warna hitam dan putih berbintik, hewan ini dulu sering dijumpai disekitar lingkungan tempat tinggal.

Biasanya ia muncul dari balik hijau dedaunan lalu kemudian seorang anak kecil yang tertarik akan mendekat dan memperhatikan keindahan warnanya. Sebagian bahkan ada yang mengambilnya untuk dibuat mainan.

Jenis tanaman dari keluarga kapas-kapasan (malvaceae), atau orang indonesia pada umumnya menyebutnya Kapuk (umumnya dari pohon randu) adalah tempat singgah kesukaan serangga ini. Sehingga serangga ini dikenal dengan nama red cotton bug. Orang jawa pada umumnya menyebut hewan ini dengan sebutan Bapak Pucung atau Bok Bok Cong.

Serangga dari keluaga Pyrrhocoridae ini mudah ditangkap atau didapatkan dengan tangan kosong, selain karena warnanya yang mencolok serangga berukuran kurang lebih 11 mm ini juga jarang sekali terbang.

Tidak hanya di kapuk, serangga ini juga senang bermain di dedaunan atau kadang hinggap di bunga. Namun sekarang tidak mudah untuk menemukan serangga ini di pekarangan, kemana bok bok cung pergi?

Bapak pucung adalah spesies dari hewan 'Kepik', dalam famili Pyrrhocoridae. Bapak pucung merupakan hama bagi tanaman kapas. Baik dewasa atau yang masih kecil bok bok cong lebih sering memakan buah kapas atau kapuk randu pada umumnya. (Ds/gw)

Rekomendasi