Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, July 12, 2020

Dinas KLHK Mengabarkan Kali Pertama Cekakak Jawa Memakan Tikus


Gemawilis.com - Cekakak jawa, Raja Udang (Halcyon cyanoventris) adalah burung endemik Pulau Jawa dan Bali. Burung ini memiliki ukuran fisik bekisar 25 cm, dengan paruh besar panjang dan runcing berwarna merah.

Burung Cekakak Jawa lebih sering mencari makanan berupa serangga dari pada crustacea dan ikan. Tidak jarang burung ini juga sering mengunjungi area pertanian sehingga menyebabkan burung ini sangat dikenal di masyarskat pedesaan.

Di Madiun Timur dan sekitarnya, dulu burung ini sering terlihat hinggap atau terbang disekitar pemukiman atau di dekat persawahan. Namun sekarang burung ini sudah mulai langka terlihat disekitar pemukiman karena penangkapan liar, eksploitasi besar-besaran dan juga karena faktor rusaknya alam.

Selama ini Cekakak Jawa yang masih satu keluarga dengan jenis burung Raja Udang lebih dikenal memangsa jenis serangga kecil seperti kodok, ikan, udang, dan reptil kecil. Namun ternyata belakangan diketahui ia juga memakan hama tikus yang ada di ladang pertanian.

Hal tersebut terbukti dari unggahan foto dari Dinas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada hari Minggu (12/7/2020). Dalam unggahannya, dinas KLHK memberi kabar jika Cekakak Jawa juga memangsa tikus.

Bahkan menurut KLHK fenomena ini adalah merupakan catatan kali pertama burung Cekakak Jawa memangsa tikus.

"Tikus ini beberapa kali dibanting ke aspal menurut cerita pemotretnya @semut Fath Ireng. Cekakak jawa juga terlihat kesulitan memangsa tikus yang ukurannya hampir sama dengan tubuh burung. Burung ini juga mencoba terbang, namun karena mangsanya besar dan berat, akhirnya dibawa turun ke pematang sawah untuk disantap. Hasil buruannya yang besar ini menarik perhatian burung cekakak sungai untuk turut menikmati. Perebutan makanan memang biasa terjadi di dunia satwa ya #SobatHijau. "Tulis KLHK dalam unggahannya di account resmi Fanpage -nya.

Foto ini membuktikan kalau burung Cekakak Jawa sangat bermanfaat untuk mengurangi hama dan membantu para petani di pedesaan. Jadi hentikan perburuan burung. Biarkan mereka menjalankan fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem. (Tim/gw)

BERITA TERKAIT