Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, July 19, 2020

Camat dan Kades Kare, Laksanakan Peletakan Batu Pertama Rencana Pembangunan Pertashop


Camat dan Kades Kare tandai awal pembangunan Pertashop Pertamina.

gemawilis.com - Sebagai wujud komitmen dalam mengantarkan energi hingga pelosok negeri, Pertamina belum lama ini secara resmi telah meluncurkan Pertashop.

Pertashop adalah SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan Pertamina. Harga yang dijual Pertashop juga sama dengan BBM yang dijual di SPBU Pertamina pada umumnya.

Kini, tak lama lagi Pertashop juga akan ada di Madiun Timur. Pasalnya pada hari Sabtu (18/7/2020), tak jauh dari Pasar Gondosuli, Desa Kare, tepatnya di dusun Sambong, Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun telah dilaksanakan peletakan batu pertama rencana pembangunan Pertashop Pertamina.

Sinergi ini bertujuan untuk memperluas pelayanan BBM dan LPG melalui pengadaan Pertashop di desa-desa wilayah Indonesia. Kerjasama ini sejalan dengan program OVOO, yaitu One Village One Outlet.

Maka dengan itu, PT Pertamina (Persero) membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia guna memperluas penyalur di sejumlah kecamatan di Indonesia yang saat ini belum memiliki lembaga penyalur.
Genduri sebagai wujud syukur kerjasama sekaligus awal dimulainya pembangunan Pertashop.

Selama ini Pertamina menargetkan dari 7.196 kecamatan di Indonesia, sebanyak 3.827 kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur akan dibangun satu gerai Pertashop. Kemitraan dibuka kepada pemerintah desa, koperasi, serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, BUMDes adalah sebuah lembaga usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa juga masyarakatnya, dengan tujuan memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa tersebut.

Dengan itu maka pihak desa setempat yakni desa Kare, untuk meningkatkan dan memperkuat perekonomian desa bekerjasama dengan Pertamina untuk membangun Pertashop Pertamina di desanya.

Hadir dalam peletakan batu pertama rencana pembangunan Pertashop Pertamina di desa Kare, antara lain Camat Kare Tarnu Ashidiq, Kades Kare Sunarno beserta Perangkat, Kadar Kabid DPMD Kab Madiun, Ketua Bumdes Kare, Ketua BPD, LPKMD Desa Kare, Refi Pertamina, dan pihak terkait lainnya.

Camat Kare Tarnu Ashidiq saat dikonfirmasi mengatakan Pendirian Pertashop ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Pertamina dengan Pemerintah Desa yang difasilitasi melalui Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) antara Pertamina dengan Kementerian Dalam Negeri.

Pihaknya menyambut baik rencana pembangunan Pertashop di wilayahnya. Menurutnya kerjasama untuk membuka Pertashop di desa tersebut sangat baik untuk mendukung dan menguatkan perekonomian desa.

"Pertashop ini, merupakan program dari PT Pertamina masuk desa, berdasarkan kerjasama MoU dengan Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Desa. Program ini sangat baik, "tutur Camat Kare Tarnu Ashidiq. (Tjr/gw)