Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, July 12, 2020

Anak Jaman Now Mana Tau Siter, Camilan Tradisional dari Pohon Buah Trembesi

Godril, siter atau woh trembesi.
Gemawil - Siter, atau woh trembesi (buah trembesi) adalah makanan ringan atau camilan yang rasanya hampir sama dengan kacang goreng. Cara penyajiannya pun sama, yakni dengan cara digoreng.

Siter, bagi warga yang hidup sebelum era 90-an akhir dan 2000-an merupakan satu camilan khas teman nonton hiburan malam seperti wayang kulit atau layar tancap di lapangan.

Godril berasal dari biji atau buah pohon trembesi ini pada jaman itu masih sangat gampang untuk di temui di warung-warung bahkan anak sekolah pada jamannya mudah menemuinya di warung sekolahan. Tetapi sekarang camilan tradisional ini sudah punah, anak jaman sekarang bahkan banyak yang tidak dan belum tau nikmatnya buah trembesi goreng.

Dulu, setiap ada hiburan di acara apapun seperti pertunjukan wayang kulit, ketoprak, pernikahan ataupun dalam acara bersih dusun, dapat di pastikan selalu ada Siter, selain kacang goreng dan marning tentunya.

Siter berasal dari biji buah pohon trembesi yang merupakan tanaman dengan tekstur pohon yang keras dan juga sering di fungsikan sebagai pohon penghijauan ditepi jalan. Mungkin karena kemampuan menyerap CO2 inilah maka pemerintah pernah meluncurkan program Penanaman 1 Miliar Pohon trembesi pada waktu itu (2010).

Pohon yang memiliki nama latin Samanea Saman (Rain Tree) ini, aslinya hidup di Amerika Selatan. Alasan disebut Rain Tree, atau Pohon Hujan, karena air yang sering menetes dari tajuknya yang disebabkan kemampuannya menyerap air tanah yang kuat.


Pohon trembesi biasanya diperuntukkan bagi ruang publik yang sangat luas seperti taman atau penghijauan pinggir jalan, halaman sekolah ataupun pekarangan rumah yang mempunyai area tanah yang luas.

Bagi generasi sekarang mungkin camilan siter terdengar aneh. Padahal camilan ini merupakan salah satu kuliner favorit bagi generasi-generasi jaman dulu atau anak jaman old.

Manfaat yang terkandung dari camilan ini salah satunya dapat mengurangi angin yang masuk ke tubuh kita, mencegah masuk angin saat berada di luar rumah pada malam hari. Tubuh begah dan kembung-kembung. (Tj/gw)

BERITA TERKAIT