Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Monday, June 8, 2020

RAB Dana Desa Bukan Untuk Dirahasiakan, Wajib di Pasang Desa


dok/fot: Ilustrasi (gw).

gemawilis.com - Dalam melaksanakan kegiatan Kepala Desa sebaiknya memajang atau memasang RAB (Rencana Anggaran Belanja), yang mana bertujuan agar semua masyarakat mengetauhui apa saja yang di bangun dan apa saja yang akan di belanjakan oleh desa, berikut harga satuan nya.

RAB menjadi bukti seorang Kades dalam membangun desanya, maka dia wajib memajang RAB di kantor desa. Itu wajib dilakukan karena dana desa tersebut untuk masyarakat desa setempat. Sebab kepala desa berkewajiban memberikan informasi kepada masyarakat.
Klausul yang mengatur keterbukaan informasi tersebar dalam beberapa pasal dalam UU Desa, yang pertama diatur dalam pasal 24, bahwa asas penyelenggaraan Pemerintahan Desa salah satunya adalah keterbukaan.

kewajiban Kades terhadap dana desa tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Di Pasal 26 ayat (4) UU Desa.

Oleh karena itu, bagi semua masyarakat desa yang mendapatkan bantuan dana desa wajib mengetahui dan mempertanyakan satuan RAB bangunan dana desa karena itu adalah hak masyarakat dan bukan hak dari pada Kades.

Jika Kades atau Elit desa tidak mau melakukan maka Kades tersebut dapat dituntut untuk mundur karena tidak mampu menjadi pelayan masyarakat. Apalagi jika terbukti melakukan penyelewengan Dana Desa, bisa dijebloskan ke penjara. Karena salah satu cara Kades untuk melakukan tindakan korupsi dana desa yaitu dengan merahasiakan rincian atau rencana anggaran belanja. (gw)

Topik Lain