Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, June 13, 2020

PT KAI Daop 7 Madiun Kembali Mengoprasikan Kereta Api Jarak Jauh dan Jarak Dekat Lokal Reguler

Dok/fot: Ilustrasi fb

gemawilis.com - PT Kerta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan kereta api untuk jarak jauh maupun lolal jarak dekat reguler, secara bertahap mulai Jumat, (12/06/2020) kemarin.

Menurut Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan  ada sebanyak 14 kereta api jarak jauh dan 23 kereta api lokal yang dijalankan mulai Jumat kemarin. "Sudah beroperasi kembali sejumlah kereta api sebagai komitmen PT KAI untuk melayani masyarakat, "kata Didiek.

Kemudian Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menyampaikan dioperasikannya kembali perjalanan kereta api reguler tersebut sebagai upaya persiapan menuju penerapan new normaI atau normal baru.

"Sejau ini ada 8 perjalanan kereta api jarak jauh subsidi maupun komersial yang melintas di wilayah daerah Daop 7 Madiun, yakni kereta api Kahuripan lintas Blitar-Kiaracondong, Kahuripan lintas kiaracondong-Blitar, Sri tanjung lintas Lempunyangan-Ketapang, dan Sri tanjung lintas Ketapang-Lempuyangan, "kata Ixfan.

Sementara itu untuk kereta api jarak jauh komersional ada kereta api Ranggajati lintas Cirebon-Jember, Ranggajati lintas Jember-Cirebon, dan kereta api Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng.

Sedangkan untuk pemesanan tiket kereta api para pelanggan sudah bisa memesan secara online dengan melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan kereta api. Untuk penjualan tiket di loket stasiun Daop 7 Madiun melayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Perjalanan kembali kereta api reguler tersebut mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Cobid-19 nomor 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub Nomor 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang pedoman dan petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian dalam masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kembali jelas Ixfan, PT KAI baru menjalankan sebagian perjalanan kereta api reguler dengan pertimbangan penerapan PSBB di berbagai wilayah serta permintaan dari masyarakat. Pengoperasian kembali kereta api reguler ini akan terus kami evaluasi perkembangannya, "paparnya. (Tim/gw)