Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, June 28, 2020

Pemuda Madiun Bergerak Lakukan Cek Kesehatan dan Bagikan Paket Sembako di Kampung Terpencil, Sekalus

Tim Pemuda Madiun Bergerak saat
berada di dusun terpencil Sekalus, Desa Germo, Kec. Kare.
Gemawilis - Perkampungan terpencil Sekalus, kembali di sambangi kelompok Humaniora (peduli sosial). Kali ini pada Minggu (28/6/2020), Pemuda Madiun Bergerak (PMB) kembali memberikan bantuan kepada warga Sekalus.

Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang selalu diagendakan oleh PMB kepada warga Sekalus, RT 35, desa Cermo, Kecamatan Kare, Madiun.

Kampung Sekalus berada di sebelah selatan pasar Cermo, kurang lebih berjarak sekitar 6-7 kilo, terletak di tengah hutan kawasan hutan milik perum perhutani BKPH Wilis Utara. Dimana di kampung tersebut hanya dihuni oleh beberapa anggota keluarga saja.

Untuk menuju kampung Sekalus tidaklah mudah, karena harus melewati medan yang cukup sulit, jalan bebatuan dengan semak belukar yang tumbuh menutupi kanan kiri jalan.

Kordinator lapangan, Hasyim mengatakan kegiatan di Kampung Sekalus sudah menjadi kegiatan rutin yang ia lakukan bersama timnya dalam setiap bulan sekali.

"Ini rutin. Sebelumnya sudah pernah dan akan terus berlanjut. Kali ini selain ada sedikit dana dari PMB, kami juga melakukan cek kesehatan untuk warga kususnya lansia. Dan ada bibit sayuran juga, "jelas Hasyim.

Selain itu Hasyim juga menambahkan jika sekarang warga sudah ada penerangan jadi jika malam tiba sudah tidak gelap lagi. "Sudah ada panel surya, jadi bisa membantu masyarakat yang ada disini. Kita kesini juga untuk mengontrol alatnya, soalnya jika mati atau rusak, warga belum ada yang bisa membetulkan, "tambahnya.

Menurut Ketua Rt Sekalus, Warsito, bantuan panel dari pemerintah saat ini rusak. Namun pihaknya masih terbantu dengan adanya panel yang lain dari komunitas Primitive Madiun yang sebelumnya terpasang lebih dulu. Meski ukurannya lebih kecil.

"Rusak semua mas, yang dari pemerintah. Untung masih ada yang kecil itu, jadi lampu masih nyala. Tadinya kami bisa nonton tv tapi setelah panel yang gede rusak jadi gak bisa lagi, "tutur Warsito.

Sementara itu, salah satu tim kesehatan PMB, mas Mamik, selesai melakukan pengecekan kesehatan kepada sejumlah warga Sekalus menuturkan semua warga dalam keadaan sehat dan tidak ada yang mengalami gangguan kesehatan yang berarti.

"Alhamdulillah semua baik. Biasa, paling yang lansia keluhan kesehatannya dibagian otot yang mereka rasakan, nyeri. Untuk penyakit kronis gak ada, kita doakan saja semoga semua warga yang ada di sini sehat, "papar Mamik selaku tim kesehatan dari PMB. (tim/gw)