Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Friday, June 5, 2020

Lakukan Mulai Hari Ini dan Seterusnya


Gemawilis - Hari Lingkungan Hidup Sedunia di peringati setiap pada tanggal 5 Juni. Mula sejarah Hari Lingkungan Hidup muncul karena beberapa negara melihat kondisi yang melanda sejumlah wilayah di Eropa, Asia dan belahan dunia lainnya seperti penyakit Minamata di Jepang.

Hal tersebut terjadi dan mengancam kehidupan dunia karena banyaknya limbah industri yang tidak dikelola dengan baik, pembakaran hutan dan berbagai dampak buruk pada lingkungan. Melihat hal ini, Jepang dan Senegal memberi usul mengadakan konferensi pertama PBB soal lingkungan hidup manusia pada tanggal 5 - 16 Juni tahun 1972 di Stockholm.

Makna dibalik Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini menjadi sebuah kesadaran kita untuk mengambil tindakan aksi global dalam memproteksi planet Bumi, memanfaatkan sumber daya alam yang berkelanjutan dan perlunya meningkatkan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Ada banyak aksi yang dilakukan beberapa negara untuk mendukung hari lingkungan hidup sedunia, misalnya negara Nepal. Pemerintah Nepal bekerja sama dengan SOS Children mengadakan lomba tentang hari lingkungan hidup kepada anak-anak di negaranya. Bukan hanya itu, mereka juga memberikan beasiswa bagi 15 siswa dari seluruh kota yang menyumbang kontribusi besar bagi lingkungan hidup.

Singapura, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini yang dinamakan dengan Eco Action Day untuk menginspirasi semua warga disana agar menggurangi penggunaan energi di tempat kerja.

Sedangkam warga Spanyol menggelar aksi bersih-bersih pantai La Costilla, Rota, Spanyol untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tidak hanya warga setempat, tapi wisatawan dan beberapa keluarga bersama-sama mengambil sampah yang ada di pantai. Hal ini penting juga untuk mengajarkan anak-anak peduli lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Nah, tak kalah menarik, di Provinsi Papua, Indonedia, masyarakat diajak untuk melakukan aksi bersama gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mengenalkan isu-isu konservasi di Tanah Papua seperti melakukan kampanye sungai bersih, penanaman pohon, dan konservasi hutan.

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, juga bisa dilakulan oleh semua orang dengan melakukan hal sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan demi menyelamatkan bumi kita. Dan itu bisa kita lakukan mulai hari ini dan untuk seterunya. (Tim/gw)

Rekomendasi