Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Saturday, June 13, 2020

Jangan-jangan Kamu Tidak Tau Antara Social Distancing dan Physical Distancing?


Dok/fot: ilustrasi

gemawilis.com - Pandemi virus corona masih terus menyebar ke berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Pada awal virus corona mewabah, beberapa istilah baru pun bermunculan dan menjadi kata tak asing lagi di kehidupan kita sehari-sehari.

Salah satunya adalah istilah social distancing. Kemudian muncul lagi istilah yang mirip, yakni physical distancing. Apakah keduanya berbeda? Atau malah memiliki arti yang sama?

Social Distancing: Social distancing mulanya dicetuskan sebagai sebuah cara untuk menekan bahkan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, social distancing adalah menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain dan menghindari kerumunan untuk mencegah penularan penyakit.

Hal tersebut penting dilakukan karena dapat memperlambat penularan penyakit seperti Covid-19. Sebab dengan menerapkan social distancing, diharapkan jumlah orang yang terinfeksi virus tidak melonjak dalam waktu yang bersamaan. Sehingga, rumah sakit bisa melayani pasien dengan optimal dan sesuai dengan daya tampung yang ada.

Physical Distancing: Pada Jumat (20/3/2020), Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengganti istilah social distancing tersebut dengan physical distancing.

Alasannya adalah untuk menegaskan bahwa ada perintah untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun demikian, imbauan tersebut bukan berarti untuk memutus kontak dengan orang lain secara sosial.

Namun dengan menggunakan istilah physical distancing diharapkan imbauan WHO tersebut dapat lebih jelas dipahami oleh masyarakat luas.

Intinya manusia agar terhindar dari wabah pandemi, maka harus tetap menjaga jarak fisik untuk memastikan tidak menyebarkan penyakit. Namun tetap harus menjaga hubungan sosial antar manusia. (Tim/gw)

Topik Lain