Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Saturday, May 30, 2020

Warga Resah Karena Bau Tak Sedap, Polusi Udara dan Banyak Lalat, Kandang Ayam di Desa Kresek Terpaksa di Segel

Petugas saat melakukan penyegelan kandang ayam di desa Kresek (dok/fot: pemkabmadiun)

Gemawilis - Karena meresahkan banyak warga dengan bau menyengat dan polusi udara di sekitarnya tercemar mengganggu warga masyarakat, akirnya kandang ayam di desa Kresek, terpaksa disegel oleh dinas terkait.

Penyegelan atau penutupan sementara kandang ayam di desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun, tersebut dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Madiun, pada hari Jumat (29/5/2020).

Selain menimbulkan polusi udara bau menyengat dan pencemaran air sungai, keberadaan kandang ayam tersebut juga mengakibatkan banyak lalat di lingkungan sekitar. Apalagi lokasinya juga berdekatan dengan tempat wisata. Hal itu dinilai melanggar Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 4 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Satpol PP juga dari Dinas Lingkungan Hidup (LHK), Dinas Pertanian dan Peternakan, DPMPTSP, Muspika Kecamatan, dan Kepala Desa setempat beserta perangkatnya.

Tindak lanjut dilakukannya penutupan kandang ayam yang berlokasi tidak jauh dari Wisata Bersejarah Monumen Kresek tersebut, sebelumnya Satpol PP melalui Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah telah memberikan peringatan sebanyak tiga kali dan melakukan mediasi dengan pihak terkait.

Namun karena tidak ada etikat baik dari sang peternak setelah tiga kali diperingatkan akirnya pada Jumat kemarin terpaksa kandang ayam tersebut dilakukan penyegelan, diblok dengan Police line di setiap pintunya oleh Satpol PP Kabupaten Madiun.

Dari informasi yang kami dapat, penutupan sementara dilakukan sampai dengan dampak terhadap lingkungan dapat teratasi. Selanjutnya pemberian sanksi dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemeriksaan oleh para pihak terkait. (gw)

Sumber: Pemkab Madiun 

BERITA TERKAIT