Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, May 06, 2020

Tanaman Ini Dulu di Anggap Gulma, Sekarang Menjadi Trend di Kalangan Masyarakat


Gemawilis - Tanaman Krokot atau Moss Rose atau dengan nama latin portulacaeae, akhir-akhir ini menjadi boming dan menjadi trend di kalangan masyarakat. Krokot memang memiliki bunga dengan warna sangat indah sehingga tak heran jika banyak dijadikan sebagai tanaman hias.

Selain keindahannya, ukurannya yang mini akan membuat bunga krokot menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menghias rumah dengan lahan minimal. Tanaman ini juga tergolong mudah sekali untuk ditanam dengan bukti banyaknya tanaman bunga krokot yang dapat tumbuh subur dengan sendirinya tanpa harus dirawat.


Selain dari tujuan estetika, ternyata tanaman bunga krokot ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam tanaman kerokot terutama bagian daunnya yang mengandung banyak zat baik untuk tubuh seperti tanin, kalsium, fosfor, phospat, saponin, zat besi, vitamin B, vitamin A, magnesium, vitamin C, mangan, sodium, dan masih banyak lagi.

Karena tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, maka kini tanaman krokot mulai banyak ditanam baik untuk tujuan bunga hias maupun untuk budidaya keperluan kesehatan.

Dalam satu cangkir daun krokot yg sudah direbus terkandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vit A, dan beberapa asam amino yg berguna untuk kesehatan.
Tumbuhan yang punya nama kerennya Portulaca oleracea ini merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh dimana saja, baik di lahan lembab maupun daerah tandus.

Bedasarkan hasil penelitian dr para ahli, krokot memiliki bahan kimia yang terkandung didalamnya di antaranya KCL, KSO4, KNO3, asam nikotinat, tanin, saponin, noradrenalin, 1-noradrenalin, dopamin & mengandung vitamin A,B,C.

weeehhweeeh luar biasa bukan? tanaman yang biasa dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu tanaman budidaya alias tanaman yang tidak dikehendaki malaah memiliki manfaat yang lebih dibanding tanaman yang dibudidayakan.

Selain itu tanaman krokot juga mempunyai banyak jenis bunga sehingga banyak yang berburu untuk dikoleksi dengan banyak jenis, sehingga saat di tanam dan tumbuh akan nampak lebih indah saat keluar bunganya. (Wiwi/gw)

BERITA TERKAIT