Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Monday, May 4, 2020

Pemuda Madiun Bergerak, Menjadi Sebuah Potret Kepedulian Pemuda Untuk Ikut Berpartisipasi Dalam Respon Sosial

Pemuda Madiun Bergerak Terus Bergerak.
Gemawilis - "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia. [Ir. Sukarno]

"Tidak akan bergeser kaki seorang manusia dari sisi Allah pada hari kiamat (nanti), sampai dia ditanya tentang lima (perkara): (salah  satunya) Tentang masa mudanya, untuk apa digunakan. [HR. Tirmidzy]

Kata bijak di atas pantas disematkan untuk semangat para pemuda yang memiliki kontribusi positif terhadap perubahan nyata bagi masyrakat, peran nyata dan aktif dalam membantu lingkungan seperti yang dilakukan oleh para Pemuda Madiun Bergerak (PMB) saat ini.

Bukan sekedar narasi yang membasahi bumi pertiwi, namun PMB selama ini hadir untuk terus menggobarkan semangat kepemudaan di wilayah Kabupaten Madiun, yang sangat kental mengamini budaya gotong royong.

PMB selama ini telah banyak melakukan kegiatan positif, dan selalu mengupayakan peningkatan kepedulian dalam respon sosial masyarakat dengan memberikan kontribusi nyata seperti pembagian paket sembako, paket keperluan dalam hal pendidikan dibeberapa sekolah, maupun membantu lansia dan warga yang kurang mampu dan lain sebagainya.

Terlebih lagi saat wabah pandemi Corona mewabah di negeri ini, PMB bergerak tanpa melihat golongan apa yang terdampak dari imbas Covid-19. Mulai dari pembagian masker, APD untuk tim medis, antiseptic, sembako, dan keperluan lainnya yang diberikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan dan tempat-tempat ibadah, masjid dan serta falititas umum (Fasum) lainnya.

Seperti pada hari Minggu (3/5/2020) PMB juga bergerak membagikan masker gratis kepada sejumlah warga yang ada di Madiun Timur. Kali ini PMB untuk wilayah Madiun Timur dalam melakukan bakti sosial tidak sendiri, namun bersinergi dengan relawan yang ada di Madun Timur.

Irwan selaku Ketua PMB saat dikonfirmasi mengatakan, untuk wilayah Madiun Timur PMB bersinergi dengan relawan setempat yakni para relawan Madiun Timur.

"Kami kurang tim di lapangan, kususnya wilayah Madiun timur, maka saat ada ajakan berbagi dengan rekan-rekan yang ada di Madiun timur kami langsung sepakat untuk pembagian masker ke beberapa pemukiman warga di sana, "kata Irwan.

Pembagian Masker di lingkungan yang ada di Madiun Timur sendiri oleh relawan setempat menyasar pada beberapa pemukiman yang mana warganya sangat membutuhkan dan belum mendapatkan masker.

Menurut Irwan, tim dilapangan sudah mengabari giat pada hari ini, dan selanjutnya akan terus bergerak untuk ke wilayah yang lainnya.

"Untuk hari ini minggu 3 Mei, pembagian masker di sebar di Sambong, RT/RW.13/03, desa Kare dan dusun Kasian RT/RW.05/02, desa Kepel, Kecamatan Kare, "paparnya.

Pembagian dibeberapa pemukiman mengacu pada kebutuhan warga setempat, di mana warga tersebut ada yang bekerja diluar desa yang setiap hari harus beraktifitas diluar rumah dan kepada lingkungan di mana terdapat warga atau keluarganya yang berstatus PDP.

Dian P salah satu relawan dari Madiun Timur mengatakan, masker sengaja di bagikan kepada warga yang bermukim di kampung yang agak ke dalam, yang mana mereka sering atau setiap hari harus beraktifitas di luar rumah.

"Kalau pembagian di fasum kan, sudah biasa. Maka kali ini kami menyasar pada warga yang bermukim agak ke dalam. Kami cari data warga pelosok yang lebih sering keluar rumah, seperti kerja, belanja, atau beraktifitas di tempat umum, "katanya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, pembagian masker akan terus dilakukan di beberapa titik yang ada di Madiun Timur, sambil menunggu datangnya setok dari para donatur. Karena saat ini menurut Dian P setok tinggal sedikit dan butuh tambahan lagi. (TJ/gw)

Topik Lain