Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, May 31, 2020

Pembentukan Kampung Tangguh Desa Kare, di Gerbang Pintu Masuk Destinasi Wisata Nongko Ijo


Kampung Tangguh Semeru Desa Kare.
Gemawilis - Untuk memutus matarantai Covid-19 memang diperlukan kesadaran dari semua pihak, terutama kesadaran warga di lingkungannya masing-masing. Oleh karena itu Forkopimda Kabupaten Madiun untuk memotivasi warga Kabupaten Madiun agar turut berpartisipasi dalam penanggulangan wabah Covid-19, menggelar lomba Kampung Tangguh.

Rencananya lomba Kampung Tangguh di Kabupaten Madiun ini akan di launching, pada Selasa (2/6/2020). Setiap Kecamatan di Kabupaten Madiun akan menunjuk desa perwakilan yang akan diikutsertakan dalam lomba Kampung Tangguh. Seperti yang disampaikan oleh Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto, pada Selasa (26/5/2020) kemarin.

"Kontes Kampung Tangguh ini akan diikuti setiap Kecamatan dengan menunjuk desa perwakilan. Nantinya, desa yang bisa mengatasi permasalahan terkait Covid-19 akan mendapat reward. Kita beri pemahaman kepada masyarakat agar sadar dan turut serta untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan mematuhi ketentuan pemerintah, "ujar Kapolres Madiun, AKBP Eddwi Kurniyanto.

Selain itu Ia juga menuturkan, Kampung Tangguh dibentuk di masing-masing desa atau kampung, mulai tingkat RT hingga RW. Di posko tersebut, kata Eddwi, nantinya akan ada lumbung pangan, ada posko informasi, ada posko kesehatan, ada posko dapur umum, ada juga ruang isolasi, hingga tempat pemakaman.

Selaras dengan program pembentukan Kampung Tangguh di Kabupaten Madiun guna meminimalisir penyebaran virus Corona, Pemerintahan desa Kare, Kecamatan Kare, pada hari Sabtu (30/5/2020) juga ikut dalam program tersebut dengan mendirikan Kampung tanggung di wilayahnya.

Keperluan yang di butuhkan untuk menopang tugas dalam kesiagaan para petugas pun di persiapkan seperti Thermo Gun, APD, tempat cuci tangan, semprotan disinfektan, hand sanitizer, dan tempat jaga untuk petugas.

Pendirian atau pembentukan Kampung Tangguh di desa Kare sendiri di pusatkan di gerbang masuk Destinasi Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo Kare.

Camat Kare Tarnu Ashidiq, saat di konfirmasi dengan adanya program Kampung Tangguh pihaknya berharap warga akan lebih tanggap lagi dan bisa semakin meningkatkan kesadarannya untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Corona secara gotong royong dalam kerukunan yang tercipta dilingkungannya.

"Semua harus teratasi, karena dampak Covid memang sangat luas, sehingga semua faktor harus perlu di pikirkan seperti faktor keamanan juga harus di waspadai. Jangan karena kehilangan pekerjaan, orang melakukan tindak pidana, atau kriminalitas. Semua warga harus taat dengan protokol terkait wabah ini, karena hanya dengan patuh dan disiplin diri virus Corona bisa di putus matarantainya, "jelas Camat Kare Tarnu Ashidiq. (gw)

Topik Lain