Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, May 10, 2020

PDKK Bersama Camat Kare Gelar Baksos, Guna Meringankan Beban Warga dari Imbas Covid-19

Gemawilis - Peduli warga kurang mampu sekaligus untuk meringankan beban warga dari imbas wabah Corona, tim Peduli Dhuafa Kecamatan Kare (PDKK) bersama jajaran Kecamatan Kare menggelar Bakti Sosial (baksos), Minggu (10/5/2020).

Baksos yang dilakukan PDKK bersama Camat Kare, Tarnu Ashidiq kali ini di laksanakan di desa Morang, Kecamatan Kare, Madiun, dengan memberikan paket sembako dan keperluan lainnya serta ditambah pemberian berupa dana kepada warga kurang mampu.

Kegiatan di awali dengan melakukan apel dihalaman pendopo kantor Kecamatan Kare yang dipimpin oleh Camat Kare, bersama Ketua PNPM Kecamatan Kare Kuat dan tim PDKK serta jajaran lainnya. Selanjutnya secara bersama sama tim baksos berangkat dari Kecamatan Kare menuju titik lokasi.

Bukan kali ini saja PDKK yang beranggotakan para pemuda Kecamatan Kare tersebut menggelar kegiatan bakti sosial, namun jauh sebelumnya tim PDKK bersama Camat Kare juga sudah sering melakukan kegiatan serupa di berbagai tempat yang ada di seputaran wilayah Madiun Timur.

Kegiatan ini sendiri rutin dilaksanakan oleh PDKK dalam setiap tiga bulan sekali dengan menyasar kepada warga lansia dan warga kurang mampu atau warga kebutuhan kusus, dengan tempat dan lokasi yang digilir secara bergantian. Sesuai data dari tim survey PDKK.

Mbak Win Ketua PDKK mengatakan giat kali ini sengaja dilakukan di desa Morang setelah mendapat masukan dari pihak Kecamatan, kawan-kawan, dan informasi data yang di dapat oleh tim survey PDKK sebelumnya.

"Kali ini kami pusatkan di desa Morang, berdasarkan masukan dari berbagai pihak dan hasil dari survey tim. Kami survey dulu sebelum mengadakan baksos. Jadi tidak asal di laksanakan, harus ada mekanisme pengecekan kepada yang bersangkutan dulu supaya benar-benar tepat sasaran, "katanya.

Win juga menambahkan jika baksos akan terus dilakukan ke beberapa lokasi lainnya setiap tiga bulan sejali, "bergilir, nanti bergantian biar merata. Semua warga yang dirasa kurang mampu akan kami datangi, "jelas Win kepada media.

Adapun bantuan kali ini dari PDKK di berikan kepada 180 warga yang ada di desa Morang, yang tersebar di dusun Janget, dusun Mlokolegi, dusun Krebet, dusun Ngunut, dusun Kepak dan dusun Morang.

Mbah Tarmi, salah satu warga dusun Janget, RT 13/16, yang mendapatkan bantuan dari tim PDKK terlihat sumeringah seraya mengucap syukur dan terima kasih kepada tim Baksos setelah menerima sembako dan sejumlah uang dari PDKK dan pihak Kecamatan Kare.

Tarnu Ashidiq selaku Camat Kare yang juga langsung ikut dalam giat kali ini saat di mintai keterangan pihaknya sangat respon dengan apa yang dilakukan oleh PDKK selama ini.

"Saya sudah sering bersama mereka melakukan kegiatan seperti ini, tentu ini sangat positif dan baik untuk kedepannya. Semua elemen saling mendukung sama lain, supaya warga yang perekonomiannya kurang beruntung bisa merasa ringan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Lebih lagi di tengah situasi seperti ini, "papar salah satu Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya tersebut.

Lebih lanjut Tarnu Ashidiq juga berharap agar kegiatan positif seperti ini bisa dilakukan lebih luas lagi kedepan secara berkesinambungan. Selain untuk membantu warga yang kurang mampu ia juga berharap supaya hal positif seperti itu juga bisa menjadi pemantik para pemuda yang lain yang ada di Kecamatan Kare, sebab menurut beliau, dengan saling peduli dan saling gotong royong antar masyarakat, bisa menjadi energi positif dalam hidup bermasyarakat.

"Semangat seperti ini perlu di pupuk, supaya selalu tumbuh dalam jiwa kepemudaan, dimana pemuda memang selayaknya sudah menjadi garda depan sebuah bangsa untuk saling bahu membahu demi kemajuan lingkungannya".

Camat berharap bantuan tersebut menjadi angin segar bagi warga di desa Morang dan bisa digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. "Semoga ini jadi amal barokah kami semua di Ramadhan tahun ini, "ucap Tarnu Ashidiq. (Tj/gw)

BERITA TERKAIT