Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, May 19, 2020

#Terserah, Ada atau Tidak Covid-19, Hidup Memang Sudah Penuh Dengan Resiko. Engga mati, ya sakit !

Gemawilis - Negara ini cantik, warganya manis-manis, meski berbeda ras, suku dan agama, semua tetap bersatu dalam harmoni kebinekaan dibawah sayap garuda pancasila.

Di tengah wabah penyebaran virus corona, kita memang harus berpegang teguh dengan aturan maupun imbauan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Sebab hanya ada dua hal yang bisa memastikan orang aman dari virus ini. Pertama, adanya vaksin dan kedua terjadi herd immunity. Kalau vaksin belum ditemukan, apakah kita terus sembunyi di rumah agar terhindar dari Covid-19?

Bisa saja kita aman dari Covid-19 tetapi tidak aman dari kelaparan dan bangkrut. Keduanya sama, mempunyai resiko yang bisa mengancam kelangsungan hidup.

Pandemic ini terjadi ketika negara sedang setengah pingsan akibat krisis perang dagang, yang berdampak jatuhnya harga komoditas dan merosotnya penerimaan negara. Jangankan ngongkosi orang engga kerja. Bayar orang kerja saja sudah banyak perusahaan yang senen kemis.

Segala penghematan telah negara lakukan, termasuk memangkas belanja APBN, dan termasuk gajipun ikut dikurangi. Itupun pemerintah masih harus ngutang untuk ngongkosi masalah sosial akibat adanya Covid-19.

Jadi, marilah berpikir rasional dan realistis. Mari berpikir tenang, Jangan terjebak panoia. Hidup harus berjalan terus, ada atau tidak ada Covid-19 hidup memang sudah penuh dengan resiko. Engga mati, ya sakit, atau kecelakaan di jalan.

Manusia bukan hanya punya kecerdasan genetik untuk terhindar dari predator, tetapi juga manusia punya akal untuk berpikir cerdas menghadapi resiko. Karena itulah ada istilah hidup berakal mati beriman.

Indonesia terserah. Kadang pada moment tertentu kita harus berdamai dengan kenyataan. Yang terjadi terjadilah. Whatever will be will be. The future's not ours to see. Que sera sera. (gw)