Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Sunday, May 10, 2020

Ada yang Tau, Masker Jenis Ini?

Gemawilis - 
Brongsong adalah penutup mulut hewan atau semacam masker terbuka yang dikenakan pada hewan sesuai kebutuhannya.

Brongsong pada hewan tidak berfungsi untuk memfilter udara. Tapi memiliki fungsi untuk mengendalikan hewan agar tidak melakukan kegiatan yang tidak dikehendaki pemiliknya atau pengendalinya.

Selain sapi, hewan lain yang sering dipasang Brongsong adalah anjing, namun pada hewan jenis anjing biasanya berfungsi agar anjing tidak menggigit. Sedangkan brongsong yang dikenakan pada sapi biasanya berfungsi supaya sapi tidak makan tanaman saat di giring melewati jalan yang ada tanaman pertanian.

Salah satu alat penutup mulut pada sapi pada masa lalu biasa dikenakan ketika sapi diajak jalan atau dituntun atau diarak menuju suatu tempat. Adalah hal yang biasa pada masa lalu, iring-iringan sapi berjalan dalam jarak yang cukup jauh menuju pasar hewan untuk diperjual belikan.

Di masa lalu sapi juga diajak jalan menuju sungai atau telaga untuk dimandikan. Maka fungsi brongsong yang dikenakan adalah, agar sapi tidak berhenti dan makan tanaman di pinggir jalan yang dilewati.

Brongsong sapi juga selalu dikenakan ketika sapi melakukan kegiatan membajak sawah atau ladang, yang mana kegiatan membajak ini dikenal oleh masyarakat petani tradisional sebagai “Mluku/Ngluku".

Sapi yang mulutnya dibrongsong saat Mluku adalah bertujuan agar sapi tidak berhenti dan makan tanaman sekitanya. Dimana ini bisa menghambat kelancaran pekerjaan mluku.

Brongsong sapi sendiri terbuat dari bahan bambu yang dianyam sedemikian rupa. Brongsong sapi dilengkapi dengan tali yang akan dikaitkan pada tanduk agar tidak mudah lepas.

Pada jaman dulu warga kampung sudah terbiasa membuat keterampilan anyaman dari bahan pering atau bambu. Sehingga Brangsong sapi pun mereka tidak usah beli.

Tapi kini Brangsong atau kerajinan lainnya yang berasal dari bambu sudah jarang terlihat seiring semakin modern nya jaman. Keterampilan warga membuat anyaman atau kerajinan dari bambu pun sudah mulai menghilang kecuali disebagian kecil warga.

Ternak sapi pun sekarang sudah memakai sistem modern, sehingga para pemilik sapi sudah tidak perlu lagi menggiring ternaknya ke ladang. Para petani juga semakin canggih, membajak dan mengolah sawahnya sudah tanpa mengandalkan sapi lagi. (Tim/gw)

Topik Lain