Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, April 24, 2020

Puasa Dapat Menangkal Virus Corona?

Gemawilis -Tahun ini umat muslim melakukan puasa Ramadhan di tengah ujian wabah penyakit corona atau Covid-19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia. Maka tak heran jika kekhawatiran pun akan muncul terkait melemahnya imunitas tubuh.

Saat kita harus menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar virus, kita juga harus berpuasa yang berpotensi membuat tubuh lemas karena tidak makan dan minum seharian.

Jangan khawatir, Spesialis Penyakit Dalam, dr Suzy Maria Sp.PD, dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, baru saja mengatakan ternyata salah satu manfaat puasa itu dapat meningkatkan imun atau kekebalan tubuh manusia.

Sistem kekebalan tubuh akan mendapat manfaat dari berpuasa. Jadi, dengan berpuasa, ternyata ada beberapa komponen dari sistem kekebalan tubuh yang meningkat dan ada yang menurun.

Hal tersebut bermanfaat ketika dunia sedang menghadapi wabah infeksi suatu penyakit. Karena dampak akhirnya dari melakukan puasa adalah tubuh jadi lebih mudah untuk melawan infeksi.

Proses peradangan ataupun inflamasi di dalam tubuh kadarnya akan menurun ketika seseorang berpuasa.

Akibatnya, kalau peradangan menurun, risiko untuk penyakit diabetes, penyakit jantung atau kanker jadi menurun. Jadi kesimpulannya, berpuasa itu sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. (gw)

BERITA TERKAIT