Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, April 16, 2020

Peternak Ayam Potong Bangkrut, Pilih Bagikan Gratis ke Warga, Harga Turun Drastis Per Kilogram Rp 6000

Gemawilis - Akibat turunnya harga ayam potong, membuat beberapa peternak resah. Mereka pun memilih membagikannya ke sejumlah warga masyarakat.

Kamis (16/4) pagi, warga berebut ayam potong yang dibagikan peternak di Pasar Dungus, ratusan ayam potong secara cuma-cuma pun secapat kilat ludes diserbu warga. Bahkan para peternak membagikan ribuan ayam potong juga di beberapa titik keramaian yang ada di Kabupaten Madiun.

Para peternak membagikan ayam potong secara gratis karena saat ini harga di kandang turun drastis hingga mencapai Rp 6.000 per kilo.

Seorang peternak yang memilih membagikan ayam potongnya di Pasar Dungus, Kecamatan Wungu, mengatakan, "kami rugi banyak pada masa panen ini, karena harganya sekarang turun. Daripada mati di kandang, lebih baik dibagikan ke masyarakat untuk dikonsumsi. Soalnya kami tidak mampu beli pakan lagi, "jelasnya.

Tidak tanggung-tanggung para peternah mengaku mengalami kerugian hingga mencapai miliaran rupiah. Dengan kondisi harga seperti sekarang, akan banyak peternak ayam yang gulung tikar pada tahun ini.

Menurut para peternak, jika di hitung harga pakan Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kilo, dan per ekor ayam potong membutuhkan makan 3 kg setiap hari maka mereka tidak akan kuat beli pakan lagi. Sedangkan mereka hanya bisa jual dengan harga Rp 6.000.

Para peternak berharap, keluhan mereka dapat didengar oleh pemerintah, sehingga ada solusi yang bisa menyelamatkan para peternak ayam.

Harga ayam potong mulai mengalami penurunan setelah lebaran 2019, hingga terakhir puncaknya pada bulan ini Rp 6.000 per kilo. (Yudha/gw)

BERITA TERKAIT