Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, April 07, 2020

Menteri Agama: Silaturahim dan Halal Bihalal Idul Fitri Bisa di Laksanakan Melalui Media Sosial dan Video Call

Gemawilis - Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan Surat Edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah pandemi wabah corona (Covid-19), Senin (6/4).

Menteri Agama menilai umat Islam diperkirakan akan menjalani ibadah puasa dalam suasana berbeda pada tahun ini seiring terjadinya penyakit menular wabah virus Corona.

Surat Edaran bernomor 6 tahun 2020 terdebut salah satu poinnya mengatur mengenai pelaksanaan Salat Tarawih agar dilakukan bersama keluarga di rumah. Selain tarawih, Razi juga menginstruksikan agar prosesi Sahur dan buka puasa juga dilakukan individu atau dengan keluarga inti di rumah masing-masing. Ia melarang adanya sahur on the road atau buka puasa bersama.

Selain itu ia juga meminta agar tadarus Al-Quran untuk dilakukan di rumah berdasarkan perintah Rasulullah SAW untuk menyinari rumah dengan bacaan Al-Quran. Masyarakat juga di himbau agar takbiran keliling ditiadakan pada tahun ini. Masyarakat bisa menggelar kegiatan takbiran cukup dilakukan di masjid/musala dengan menggunakan pengeras suara.

Terakir, Razi turut menginstruksikan supaya pelaksanaan Salat Idul Fitri yang dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau di lapangan untuk ditiadakan. Ia pun menunggu terbitnya Fatwa MUI terkait pedoman ibadah Salat Id di tengah wabah corona. Sementara silaturahim atau halal bihalal yang lazim dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri, bisa dilakukan melalui media sosial dan video call. (TJ/gw)

BERITA TERKAIT