Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, April 15, 2020

Madiun Timur: Stok Pangan Berlimpah di Tengah Wabah Corona dan Menjelang Bulan Ramadhan, Panen Raya Terjadi di Berbagai Wilayah

Gemawilis - Di tengah kekhawatiran masyarakat terkait penyebaran wabah corona, yang memembuat lesu aktifitas disegala sektor, khususnya sektor perekonomian, muncul setitik harapan dari para petani.

Para petani terus bergerak aktif, mereka tetap menjalankan aktifitasnya demi menjaga roda ketahanan pangan negeri ini. Puncak panen raya padi mulai terlihat di beberapa daerah di selingkar Madiun Timur, baik di wilayah Kecamatan Wungu, Kare, Gemarang.

Di tengah pandemi Covid-19 para petani yang ada di Madiun Timur pada sangat sibuk melakukan panen raya padi dan jagung yang hasil produksinya berlimpah.

Seperti pada Rabu (15/4) di desa Randualas, Kecamatan Kare, aktifitas panen raya juga di alami oleh para petani setempat. Jion Jobir salah satu pemilik sawah mengatakan, panen padi rutin dilakukannya dalam setiap tahun sekali. 

Jion selain menanam padi, di lain kesempatan juga menanam buah semangka di lahan yang ia miliki dengan luas seperempat hektar tersebut.

"Kami panen padi setahun sekali, karena kecukupan air hanya ada jika masa musim hujan datang. Selain nya kita tanam semangka, singkong atau jenis yang lainnya, "terang warga RT 09, dusun Dawung tersebut.

Panen raya padi maupun jagung di Madiun Timur, biasanya akan berlangsung hingga bulan Mei. Produksi pertanian padi dan jagung petani di Madiun Timur mungkin mengalami sedikit ada penurunan, pasalnya sebagian lahan milik petani dalam 1 tahun terakir banyak yang di tanami porang.

Sektor pertanian sendiri menjadi garda terdepan untuk mempertahankan ekonomi negara, walaupun aktifitas di tahun ini sedikit menurun, terbatas. Namun stok pangan masih cukup melimpah di Madiun Timur.

Alhasil stok kebutuhan pangan di Madiun Timur tetap akan berlimpah ditengah wabah corona dan menjelang bulan Ramadan ini.

Periode April dan Mei memang sudah diperkirakan akan menjadi puncak panen raya padi. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, baru-baru ini, bahwa neraca pangan di tengah pandemi Covid-19 dan masa jelang bulan Ramadan dilaporkan aman dan masih terkendali. Bahkan stok pangan dipastikan aman sampai Idul Fitri mendatang. (TJ/gw)

BERITA TERKAIT