Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Sunday, April 5, 2020

Keteladanan Kunci Utama Memutus Rantai Penyebaran Virus Pandemi Covid-19

Gemawilis - Salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang penting adalah "Keteladanan". Keteladanan ini tidak harus dilakukan oleh seorang pemimpin saja, namun juga harus wajib di lakulan oleh semua kalangan masyarakat.

Virus corona terbukti sudah mewabah selurus dunia, dan hingga kini belum ditemukan vaksin nya. Tim kesehatan dan ahli virus dunia pun dibuat kelimpungan untuk mencegah wabah pandemi ini berhenti.

Dan yang bisa dilakukan saat ini, untuk mencegah wabah tersebut semakin luas ialah dengan cara social distance, jaga jarak, pola hidup bersih, benyakin dirumah jika memang tidak terlalu penting untuk keluar rumah dan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan orang banyak yang tidak kenal.

Corona tidak bisa berpindah sendiri, ia pindah dan tersebar karena ikut pergeraka manusia, corona virus urban, lebih mewabah di kota-kota besar karena disana terdapat pergerakan massa dan aktivitas yang lebih dibanding di daerah pedesaan.

Namun demikian bukan berarti tidak akan sampai ke pedesaan, semua bisa terjadi. Jika kita semua ceroboh dalam menangkal penyebarannya. Lebih lagi sejak kota-kota besar menerapkan kebijakan terkait bencana wabah corona, banyak warga kota yang berasal dari desa lebih memilih untuk mudik ke kampung halamannya.

Gambar di atas salah satu contoh yang patut di teladani, karena dari hal-hal sepele lah biasanya akan menjadi penyebaran virus ini menjalar kemana-mana. Ironinya, meski sudah di beri tempat untuk pencegahan (tempat cuci tangan) masyarakat tekadang tidak mau melakukannya atau enggan ber social distance, mungkin mereka merasa ribet dan merasa ia aman-aman saja.

Sudahkan kita merasa aman? Sudahkah kita melakukan social distance dengan benar sesuai himbauan pemerintah dan dinas kesehatan? Yuk cegah bersama wabah ini masuk ke lingkungan kita masing-masing dengan cara berlaku teladan yang baik demi dan untuk keluarga kita dan lingkungan kita. (gw)

Rekomendasi