Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, April 03, 2020

Hati-hati Berita Hoaks, Kominfo Telah Mencatat 421 Informasi Hoax Terkait Pandemi Corona

Gemawilis - Berkaitan dengan Covid-19, masyarakat diminta waspadai terhadap berita Hoaks. Pasalnya hingga Kamis, 2 April 2020, Kominfo telah mencatat sebanyak 421 informasi Hoaks yang beredar dan berhasil diidentifikasi. Peredaran informasi tersebut melalui sejumlah platform berbeda, seperti media sosial facebook dan platform chatting whatsapp hingga SMS.

Walaupun pemerintah beserta sejumlah lembaga non-pemerintah, seperti media misalnya, telah berupaya melakukan konter terhadap informasi Hoaks tersebut, namun peredarannya isu Hoaks tetaplah tinggi di masyarakat.

Berkembangnya informasi yang berkenaan dengan wabah pandemi memang bisa di memaklumi, karena bahwa sebagian besar masyarakat saat ini lagi berusaha mencari informasi sebanyak mungkin terkait corona.

Apalagi sekarang banyak informasi yang sifatnya salah atau misinformasi, karena masyarakat terlalu cepat menyebarkannya tanpa menunggu informasi itu bisa dikonfirmasi lagi kebenarannya atau tidak.

Namun saat ini terlihat masyarakat sudah mulai baik dalam menyerap perkembangan, pengelolaan informasi terkait Corona. Pemerintah pun melalui Kominfo dalam menghentikan peredaran ratusan Hoaks di media sosial juga terus bekerja sesuai yang diharapkan. Di tambah dengan partisipasi aktif lembaga non-pemerintah yang turut memantau perkembangan berita bohong yang kerap menambah keresahan masyarakat.

Hal tersebut menjadikan fenomena seperti itu membahagiakan karena keterlibatan unsur media merupakan salah satu kunci sukses menghadapi pandemi corona dan misinformasi yang berkaitan dengan penyebaran Covid-19. (gw)


BERITA TERKAIT