Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, April 26, 2020

Awas! Waspadai Malaria dan DB di Tengah Wabah Covid-19, Gunakan Kelambu Saat Tidur

Gemawilis - Keberadaan nyamuk memang mengesalkan, banyak dari kita mencoba untuk mengusir dan menghindar dari gigitannya. Tidak hanya meninggalkan bekas bentol ketika digigit, tetapi beberapa jenis nyamuk bisa mengakibatkan demam berdarah dan malaria, yang tingkat kematiannya juga tergolong tinggi.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, penyakit malaria memiliki beberapa gejala yang mirip dengan Covid-19, seperti demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Sehingga prosedur layanan malaria untuk menjaga agar tidak terjadi peningkatan kasus malaria pada saat pandemi Covid-19 selalu mengacu pada protokol pencegahan Covid-19.

Selain itu penyakit malaria akan semakin memperberat kondisi seseorang yang juga terinfeksi Covid-19. “Penderita malaria dapat terinfeksi penyakit lainnya termasuk Covid-19, "katanya di Gedung Kemenkes, Jakarta, Sabtu (25/4).

Dalam upaya perlindungan terhadap petugas layanan malaria dari penularan Covid-19, maka setiap petugas yang melakukan layanan malaria diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar protokol pencegahan Covid-19.

Bagi masyarakat harus tetap mengutamakan jaga jarak fisik, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan hindari kerumunan lebih dari 5 orang, serta jangan lupa gunakan kelambu untuk terhindar dari gigitan nyamuk saat tidur malam. (gw)