Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, April 07, 2020

Awas!! Ada yang Sedang Panen Raya

Gemawilis - Sejak diumumkan adanya pasien pertama positif Covid-19 masuk Indonesia, betapa berpestanya para penipu online.

Para penipu yang mengandalkan kemudahan media sosial seperti mendapat angin segar dan ruang yang luas untuk menjalankan aksinya. Pandemi Corona menjadi lumbung untuk mengeruk hasil sebanyak-banyaknya dari para korban.

Para bandit online mayoritas menjalankan aksinya dengan memanfaatkan iklan di platform whatsapp, IG, dan facebook. Bahkan di IG mereka berani menawarkan dengan menggunakan iklan berbayar official dari IG.

layanan cekrekening.id mencatat statistik laporan kasus penipuan penjualan seperti masker dan hand satinitzer sebanyak lebih dari 500 laporan sepanjang Corona masuk di Indonesia.

Sejak presiden mengumumkan wabah Covid-19 Indonesia, sejumlah rekening yang dilaporkan dalam kasus penipuan online tercatat lebih dari 18 ribu, sekitar 60-70 persen adalah penipuan dengan modus penjualan masker, APD, hand satitizer, donasi bodong dengan dalih pembelian bantuan APD atau membantu orang terdampak Corona.

Masyarakat yang tertipu pun besarnya bermacam-macam, ada yang 100 ribu hingga bahkan ada yang sampai 30 juta lebih untuk sekali transaksi.

Meski pihak terkait sudah berupaya mencegah, bahkan sudah menindak beberapa pelaku penipuan online, namun terus saja dalam setiap harinya selalu terjadi kasus baru terkait penipuan online. (wjr/gw)

So, lebih cerdas jadi pembeli dan jangan sampai masuk perangkap bandit online.