Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, April 01, 2020

Antisipasi Penyebaran Corona, Warga Dusun Sajak Serentak Secara Mandiri Melakukan Giat Pencegahan

Gemawilis - Tak hanya pemerintah, penanganan terhadap penyebaran virus Korona (Covid-19) juga butuh peran masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh warga yang tinggal di bagian ujung wilayah Kecamatan Kare (barat timur kec. Kare) dusun Sajak, desa Bodag, Madiun.

Secara mandiri, warga melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan sprayer yang biasa digunakan untuk penyemprotan hama di sawah demi menjaga lingkungan masing-masing, Rabu (1/4/2020).

Cairan disinfektan yang digunakan warga Sajak ini adalah air yang dicampur dengan soklin lantai, bayclin dan wippol. Takarannya mengacu informasi dari internet, biaya yang digunakan dalam kegiatan tersebut pun juga dari hasil gotong royong warga dengan cara iuran lingkungan. Selain itu, penyemprotan hanya dilakukan pada benda mati.

Dilakukan bersama warga lingkungan yang di prakarsa oleh pemuda yang tergabung dalam paguyuban Sinoman Sido Rukun, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, karang taruna, ketua RT se dusun Sajak dari RT 21 - 25, dan di komandani langsung oleh Ketua Dusun Yoyok Agung Cahyono, semua serentak turun melakukan giat pencegahan corona.

Seperti yang disampaikan bupati Madiun agar semua elemen turut andil bagian, kami juga ingin membantu pemerintah untuk menjaga khususnya di lingkungan dusun Sajak agar terbebas dari Korona, "kata Ketua Dusun.

Selain penyemprotan, warga juga berupaya untuk tidak berkerumun. Alat digunakan secara bergantian. Hanya ditemani satu dua orang saat berkeliling melakukan penyemprotan. Warga yang lain menunggu di poskamling. Penyemprotan juga tidak sembarangan. Diutamakan bagian luar rumah dan tempat fasilitas umum (fasum).

Yoyok mengatakan penyemprotan mandiri tersebut merupakan salah satu upaya warga dalam melindungi lingkungan masing-masing sekaligus membantu pemerintah setempat dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan dusun Sajak.

‘’Prinsipnya kami ingin menjaga lingkungan agar tetap bersih dan steril dari virus Korona ini. Saya ucapkan terimakasih untuk para pemuda kususnya karang taruna dan sinoman Sido Rukun, dusun Sajak, yang sudah berperan aktif untuk keselamatan warga lingkungannya. Terus Tingkatkan kekompakan, selalu rukun dan waspada. Meski kita ada di dusun tapi tetap kompak demi kebaikan bersama, "papar Ketua Dusun Sajak Yoyok Agung Cahyono. (Benot/gw)