Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, April 30, 2020

Alumni SMP 5 Kota Madiun Memberi Bantuan Nenek Sebatang Kara, Herutomo: Nurani Kemanusiaannya Sudah Hilang

Herutomo bersama Camat Kare kunjungi Mbah Tanam.
Gemawilis - Alumni SMP 5 angkatan 1966 Kota Madiun, hari ini Kamis (30/4) mengunjungi seorang nenek yang ada di dusun Kepak, RT/RW 19/09, desa Morang, Kecamatan Kare, Madiun.

Warga lansia tersebut adalah mbah Tanem berusia 74 tahun, warga miskin yang hidup sebatang kara yang bertahun-tahun hidup di bawah garis kemiskinan tak pernah tersentuh bantuan dari pemerintah.

Alumni SMP 5/1966 dalam memberi bantuan kepada mbah Tanem juga didampingi oleh Camat Kare Tarnu Ashidiq dan Ketua RT setempat.

Herutomo perwakilan SMP 5, yang juga seorang Aktivis LSM Abimantrana mengatakan, Beliau merasa kecewa dengan sikap pemerintah daerah dan desa yang terkesan melakukan pembiaran terhadap warganya. Selama ini dinilai lebih mengedepankan data kependudukan daripada sisi kemanusiaan.

“Nurani kemanusiaannya sudah hilang, menjadikan semua hak sebagai warga negara hilang. Kami berharap perhatian pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan mbah Tanem. Tidak hanya BLT, tapi juga hak pangan dan kesehatan berkelanjutan. Semoga tidak ada lagi warga yang nasibnya seperti mbah Tanem di Madiun ini, "kata Herutomo.

Untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, Mbah Tanem mengandalkan bantuan dari warga. Adapun donasi dari alumni SMP 5/1966 kepada mbah Tanam hari ini berupa uang dan sembako berupa beras, minyak goreng, telur, mie instan, kue kering dan selimut.

Camat Kare Tarnu Ashidiq, mengatakan pihak Pemdes Morang sudah menyelesaikan proses pemindahan administrasi kependudukan mbah Tanem dari Desa Batok, Kec. Gemarang ke desa Morang, Kec. Kare.

Selanjutnya setelah memiliki NIK KK baru, mbah Tanem sudah masuk data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa 2020 sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan.

“Kemarin dalam waktu setengah hari KK nya telah terselesaikan, fasilitasi E-KTP juga sudah dibuatkan, "kata Camat Kare Tarnu Ashidiq.

Selain itu, Camat Kare juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Alumni SMP 5 Madiun, yang sudah memberikan donasi kepada Mbah Tanem. Semoga kedepan tidak adalagi warga Kecamatan Kare yang berhnasib seperti mbah Tanam (gw)

BERITA TERKAIT