Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, March 24, 2020

Pemdes Kare, Konvoi Himbau Warga Jaga Pola Hidup Sehat Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Gemawilis - Selasa pagi Kepala Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, H. Sunarno bersama perangkat desa Kare mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat guna meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus pandemi corona.

Giat yang dilaksanakan pada hari Selasa (24/3) ini, dilakukan dari pagi hingga selesai dengan cara konvoi ke jalan hingga masuk ke perkampungan dengan menggunakan mobil bak terbuka melalui pengeras suara.

Konvoi Pemdes Kare yang di dampingi bhabinkamtibmas dan motor dinas babinsa tersebut merupakan tindak lanjut himbauan dari pemerintah pusat, dari Provinsi serta Kabupaten dalam rangka melakukan pencegahan dini penyebaran virus corona, terutama mengantisipasi menyebaran virus pada fasilitas-fasilitas umum.

Tak hanya itu, selain menghimbau warga masyarakatnya sambil menyusuri jalan-jalan desa pihak pemdes Kare juga membagikan sabun kepada warga yang ada di jalan-jalan.

H. Sunarno Kepala Desa Kare mengatakan, “Hari ini kami turun kejalan menghimbau warga memberi sosialisasi guna melakukan pencegahan. Artinya himbauan ini adalah untuk pencegahan dini, bukan karena disini ada virus corona, tetapi untuk penanganan antisipasi memberi pengertian akan bahaya virus corona, "jelasnya singkat.

Adapun himbauan dari Pemdes Kare tersebut, diantaranya sebagai berikut;

1; Selalu berdoa untuk keselamatan serta melaksanakan semua kewajiban dan menjauhi larangan agama.

2; Menjaga kebersihan diri dengan mandi dua kali sehari dan cuci tangan di air yang mengalir.

3; Menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal, tempat kerja maupun tempat ibadah.

4; Menjaga pola hidup makan yang sehat dan bergizi untuk memperkuat imun tubuh, banyak makan sayur dan buah-buahan, minum air putih serta mengkonsumsi vitamin C, E.

5; Tetap dalam rumah dan jangan pergi ke tempat keramaian dan mengunjungi tempat wisata atau keluar kota atau keluar negeri.

6; Jangan belanja terlalu banyak untuk menimbun bahan makanan. Tetap belanja sesuai kebutuhan sehari-hari seperti biasanya. 

Tak hanya itu, Kepala dusun Gondosuli Rahmat Efendi juga menambahkan dalam pengarahannya lewat pengeras suara. Warga agar berhati-hati jika melakukan kontak dengan hewan, rajin, istirahat yang cukup, bila batuk, pilek dan sesak nafas untuk segera di cek ke fasilitas kesehatan terdekat.

Sebut Rahmat Efendi, himbauan yang dilakukan Pemdes Kare bertujuan selain untuk mengedukasi masyarakat terkait cara pencegahan virus yang menggemparkan dunia tersebut, juga agar warga ikut tanggap akan wabah penyakit menular Covid-19.

"Masyarakat tetap tenang dan tidak panik terhadap informasi hoax yang berkembang terkait virus corona. Dan ikuti informasi dari pemerintah dan pihak terkait, "jelas Rahmat Efendi. (Tjr/gw)

BERITA TERKAIT