Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Wednesday, March 04, 2020

Mau Kerja? Tidak Usah Bingung, Nih, Contoh Warga Bolo, Tekuni Ternak Kelinci Untungnya Lumayan

Gemawilis - Selain punya kegiatan unik, Kelompok Tani Niti Mulyo desa Bolo dengan Terapy Holistic (merebus badan) ternyata masih ada satulagi yang mereka tekuni selain bertani dan budidaya ikan.

Kelompok Tani Niti Mulyo, dusun Bolo, desa Bolo, RT/RW 08/03, Kecamatan Kare Madiun, selain berkecimpung di bidang pertanian, perikanan dan kesehatan, anggota Poktan juga berterak Kelinci, selain kambing tentunya.

Dari sekitar 50 anggota Kelompok Tani Niti Mulyo, ada berjumlah kurang lebih 35 anggota yang sudah menekuni ternak kelinci.

Saat @gemawilis media berkunjung kesalah satu anggota Poktan, Mas Jinu RT.07/03 mengatakan, ternak yang mereka tekuni sebagai kegiatan sampingan, terlebih untuk ibu-ibu dirumah.

"Sebetulnya ini hanya sampingan saja, untuk para istri dirumah. Ya lumayan, hasilnya bisa buat nambah pendapatan, "jelas Jinu, yang saat ini sudah memiliki sekitar 50 indukan kelinci dengan berbagai jenis.

Jinu dan beberapa anggota Poktan yang lain sudah mempunyai pembeli kusus untuk menjual hasil ternaknya, harganya pun relatif, tergantung jenis dan besar kecilnya. Pasalnya jenis yang diternakkan Poktan Niti Mulyo terdapat banyak jenis (kelinci hias/kontes) seperti jenis Rex, Piegon dan PC, serta juga ada kelinci pedaging, untuk komsumsi.

Ternak kelinci menurut Jinu tidaklah sulit, hanya butuh kandang dan rumput saja. Harganya pun lumayan, setiap umur 4-5 bulan, biasanya kelinci milik Jinu sudah ada yang mengambil, salah satu pedagang dari wilayah Pagotan. Harga untuk jenis hias dibandrol kisaran 150-250 untuk umur 4 bulanan.

"Ternak kelinci modalnya tidak banyak, hanya butuh kandang, untuk makannya kami mengandalkan rumput di dekat rumah, tidak pakai makanan macam-macam. Jadi kelinci hasil dari kelompok kami benar-benar sehat, karena makannya juga murni asli dari alam, "terang Jinu.

Selain itu, masih menurutnya, ternak kelinci banyak manfaatnya. Semua bermanfaat, kotoran kelinci bisa untuk pupuk, air kancingnya bagus untuk tanaman, dan bisa dijual juga. Harganya juga lumayan, serta perawatannya tidak terlalu ribet, istri dirumah pun bisa ikut bantu-bantu karena tidak butuh tenaga yang ekstra, "terang Jinu. (ds/gw)