Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About

Tuesday, March 3, 2020

Lebih Dari 65 Miliar, Dana Desa Sudah Tersalurkan Ke 198 Desa Di Kabupaten Madiun

Fot: istimewa.
Gemawilis - Monitoring langsung penyaluran Dana Desa (DD) di lakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Kabupaten Madiun, pada Senin 2 Maret 2020.

Khofifah, turun langsung sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun dalam penyaluran DD tahap I tahun 2020. Monitoring terebut dilakukannya di desa Pule dan desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan, pada Senin kemarin.

Sejumlah 198 desa di Kabupaten Madiun dengan total lebih dari Rp 65 miliar, sudah menerima DD. Pencairan DD dianggap sudah memenuhi syarat administrasi seperti sudah adanya Perbup Madiun tentang rincian penganggaran DD. Selain itu, di masing-masing desa juga sudah menganggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa 2020.

Gubernur mengatakan prestasi Madiun dalam penyaluran DD, tidak hanya di tingkat provinsi saja, melainkan terbaik se-Indonesia atau tingkat nasional. Madiun disebut satu-satunya kabupaten di Indonesia yang sudah menyalurkan 100 persen DD tahap pertama 2020.

Dalam kesempatan itu, Gubernur kembali menegaskan agar penyaluran DD tahap pertama untuk kegiatan padat karya tunai. Karena padat karya tunai, sangat membantu dalam ketahanan ekonomi di desa, di situ ada perputaran uang, perekonomian akan mengalami kenaikan, karena adanya lapangan pekerjaan.

Selain itu Khofifah juga memuji kerja keras para Kepala Desa di Kabupaten Madiun sehingga DD di Kabupaten Madiun sudah cair 100 persen. Dengan program smart perencanaan pembangunan desa yang digagas Pemkab Madiun, maka program tersebut kedepan juga akan diadopsi oleh Kemendes PDT dan Transmigrasi. (gw)

Rekomendasi