Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, March 06, 2020

Katanya Seperti Orang Jepang, Kaum Perempuan Dukuh Dawung Kompak Turun Kejalan

Gemawilis - Pukul 06: 45 wib kaum perempuan dukuh Dawung terlihat kompak keluar rumah, masing-masing membawa peralatan untuk menanam bunga di pinggiran jalan.

Ibu-ibu Dukuh Dawung, RT/RW 10/4 desa Randualas, Kecamatan Kare, Madiun, ini nampak bersemangat mengadakan kegiatan kerja bakti pada Jumat pagi (6/3/2020).

Bahkan tidak hanya ibu-ibu saja yang turun kejalan, namun juga di ikuti oleh para remaja dukuh Dawung yang sedang libur sekolah/kuliah maupun libur kerja. Mereka bergotongroyong, menanam bunga untuk memperindah jalan yang ada di lingkungan mereka.

Beberapa warga bilang kerja bakti yang mereka lakukan, sama halnya yang di lakukan oleh warga Jepang pada jaman dahulu, yakni perempuan yang turun kejalan-jalan untuk bersama-sama memperindah lingkungan tempat tinggalnya.

"Ya, persis orang Jepang jaman dulu, kata mbah-mbah kami, "ucap Suli Tri Indarti, salah satu warga yang juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, Suli juga mengatakan, rencananya kerja bakti akan di laksanakan secara rutin. "Ingsallah, ibu-ibu kompak, dan akan rutin melakukan kegiatan semacam ini, biar desa kami makin indah. Ya, tujuannya biar kelihatan rapi, dan lingkungan biar lebih baik, selain untuk menjalin silaturahmi antar tetangga tentunya, "kata Suli Tri Indarti, yang juga merupakan Pengurus IPPNU Ranting Randualas tersebut.

Di dukuh Dawung sendiri kekompakan warga memang terjalin cukup apik, selain perempuan, kaum laki-laki pun juga ikut andil bagian dalam tata ruang lingkungan mereka, namun kaum laki-laki biasanya bekerja bakti pada hari minggu, dan yang di kerjakan pun berbeda.

Selesai gotongroyong pagi ini, ibu-ibu istirahat sambil menikmati bekal yang masing-masing mereka bawa. Kerukunan pun semakin terlihat di antara mereka. Tak jarang dari mereka sambil bercanda menikmati suasana, juga saling bertukar bekal yang mereka bawa. (Suli/gw)

BERITA TERKAIT