Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, March 16, 2020

Berkah Warga Di Setiap Musim Penghujan, Panen Pasir Dari Aliran Air Dam Sewu

Gemawilis - Ternyata sudah sejak lama di sepanjang kali Brumbun, menjadi salah satu sumber rejeki bagi warga desa setempat. Setiap musim penghujan warga kedatangan berkah, mereka panen pasir kali.

Sungai ini sendiri berada di desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Madiun, atau aliran air yang berasal dari Dam Sewu, desa Kresek.

Dengan mencari pasir di dasar sungai, warga mengumpulkannya sedikit demi sedikit dengan alat trasdisional untuk di pergunakan sebagai bahan material membangun rumah atau keperluan yang lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh bapak yang satu ini, ia bertutur jika panen pasir biasa terjadi di musim hujan saja. "Di buat sendiri, tidak di jual. Adanya ya, kalau musim hujan saja, karena kali sering banjir, "tutur babak yang enggan menyebutkan namanya ini.

Di beberapa tempat, di sepanjang pinggiran kali tersebut, juga nampak terlihat beberapa gundukan pasir milik warga. Biasanya, masih menurut sumber, penduduk sekitar melakukan kegiatan ini selepas melakukan aktifitas kerja rutinnya, atau saat tidak ada kegiatan yang lain.

"Alhamdulillah, jadi berkah warga, dari pada beli satu pick up 350. Lumayan bisa buat bangun rumah atau buat nambal jalan yang lubang, "jelasnya pada awak media, Sabtu (14/3) kemarin. (Rey/gw)