Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Tuesday, February 18, 2020

Status Satwa, 224 Jenis Burung Terancam Punah

Gemawilis - Selain lingkungan dan alam, yang mesti wajib kita jaga adalah kehidupan satwa liar. Karena dengan hidup aman dan berkembang secara alami di hutan bebas, keberadaannya akan menciptakan ekosistem secara alami, memberi keseimbangan pada kehidupan.

Salah satunya adalah satwa burung, burung merupakan binatang yang mampu memberi keseimbangan pada alam. Menciptakan ekosistem alami untuk kehidupan, dengan memakan segala telur-telur bibit hama atau pun juga bisa menyebarkan bibit-bibit tumbuhan di alam bebas.

Pada beberapa tahun terakir ini kehidupan satwa kita mengalami ancaman populasinya di alam bebas, dari tahun ketahun populasinya semakin menguatirkan.

Tercatat di tahun 2020 dari 1794 spesies burung di indonesia (sumber: @burungIndonesia), sudah ada beberapa burung yang dinyatakan mendekati terancam punah, yaitu sebanyak 244 jenis burung.

Setatus konservasi, 30 jenis dalam kategori kritis, 48 jenis genting, 96 jenis rentan, 1353 resiko rendah dan 11 jenis kurang data.

Sedangkan dari jumlah 1794 jenis burung, yang masuk dalam perlindungan terdapat dan terdaftar masih sejumlah 557 jenis burung, jumlah jenis endemis 527 spesies, dan jumlah jenis sebaran terbatas 459 spesies burung.

Jadi mari kita sama-sama menjadi penyelamat hutan, lingkungan dan satwa yang ada di lingkungan kita. Satwa Indonesia merupakan kekayaan sumberhayati yang wajib dilindungi oleh semu warga masyarakat. Agar alam terjaga dan bermanfaat untuk kehidupan anak cucu kita kelak. (wj/gw)