Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Friday, February 14, 2020

Potensi Wisata, Goa Peninggalan Kolonial Belanda Yang Terlupakan

Goa Dam Cau Kelurahan Wungu.
Gemawilis - Lubang di sudut tebing yang terlupakan. Bangunan peninggalan jaman dahulu, kolonial Belanda. Dam Cao dan Goa Londo terletak diantara perbatasan desa Kuwiran dan kelurahan Wungu, Kecamatan Kare dan Kecamatan Wungu.

Lubang yang terdapat di tebing ini memiliki citra daya tarik tersendiri, potensi wisata satu ini dahulu pernah di lakukan observasi oleh para mahasiswa KKN beberapa tahun lalu. Sayang jalan dan medan menuju wisata yang sulit sehingga tidak mudah di jangkau oleh para penggila wisata alam.

Dam Cao ini adalah hulu atau ujung dari kanal yang mengisi Waduk Segaran Wungu. Juga untuk mengairi sawah yang ada di sekitaran wana wisata Grape kelurahan Wungu.

Terkait Goa Londo, Entah seperti bagaimana dulu proses pengerjaannya. Aliran air yang menerobos lapukan padas berbatu membuat orang yang melihat bisa benar-benar terkagum. Meski hanya memiliki kurang lebih, panjang sekitar 100 meter, namun Goa Air ini seperti di buat semacam seni arsitektur tertentu yang bila kita cermati memang agak aneh.

Berupa lorong panjang tembus, sebagai wadah air yang mengalir dari kali, dengan satu lubang di sisi depan. Selain untuk saluran air, dari bentuknya jika di amati, mungkin dulu juga di fungsikan sebagai banker atau tempat persembunyian.

Untuk menuju ke tempat ini sahabat GW bisa menempuh jalur via wisata Grape bagian timur paling aman. Tetapi untuk sampai ke tempat tersebut pengunjung harus jalan kaki menyusuri jalan setapak lewat pinggiran sungai. Sebetulnya ada alternatif lain tapi kami tidak merekomendasikan karena kurang aman untuk di lewati.

Kedepan semoga potensi-potensi yang ada di wilayah Madiun Timur khususnya dam Cao dan Goa Londo juga yang lainya yang belum di explore bisa dikembangkan. Sehingga dapat kembali di perhitungkan untuk menjadi destinasi wisata favorit di masa mendatang. (ds/gw)