Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Thursday, February 20, 2020

Padas Pedot, Ekstrim dan Mistik Namun Memukau Keindahannya

Padas pedot, unik mempunyai ciri khas gapura bercat merah di Kecamatan Gemarang Madiun (fot: istimewa).
Gemawilis/Wisata -
Salah satu tanjakan fenomenal dan sangat cukup di kenal di Kabupaten Madiun bagian timur adalah jembatan yang ada di Kecamatan Gemarang. Meski sebenarnya masih banyak jalan ekstrim di Madiun, khususnya di bagian timur seperti tanjakan Jurang Dengkeng, Tanjakan Tirisan yang berada di wilayah Kacamata Kare dan lain sebagainya.

Nah, di Kecamatan Gemarang ini, tanjakan ekstrim itu bernama Padas Pedot (tebing putus -red). Tanjakan atau jalan ini menghubungkan antara desa Tawangrejo tepatnya dusun Gondang, dengan dusun Mundu, desa Gemarang, Kecamatan Gemarang, Madiun.

Menurut informasi warga sekitar, jalan tersebut dinamakan Padas Pedot, karena pada saat pembangunannya dilakukan dengan membelah padas (tebing) yang terhubung.

Melintas di jembatan ini terasa sangat memukau. Sejuk, mak nyus, dengan suasana khas alam pedesaan. Ciri khas terkesan unik jika dari arah timur. Ada gapura beratapnya.

Melintas dijembatan ini perlu hati-hati, karena laju kendaraan yang dari atas atau dari arah barat kadang datang tak terduga, karena tanjakannya lumayan curam baik dari kedua arah. Sedikit berkelok dan panjang.

Nama padas pedot sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Gemarang dan sekitarnya. Apalagi menurut warga setempat di tanjakan ini sering terjadi kecelakaan.

Konon, padas pedot berselimut mistis, ya memang, faktanya sering terjadi kecelakaan di area tersebut, entah itu kecelakaan kecil maupun hingga ada yang meninggal. Bukan sekali atau dua kali, tapi sering terjadi di jalan tersebut.

Jalannya menanjak ditambah menikung, jadi menambah kesan ekstrim. Namun, pemandangan di sekitar padas pedot sangat indah, meski aroma mistisnya sangat kental di situ. (Al/tim/gw)