Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Sunday, February 16, 2020

Menuju Lingkungan Bersih Dan Sehat, Warga Kare Kerjabakti Bersama Kepala Desa Dan Camat (video)

Gemawilis - Kebersihan sebagian daripada iman, kebersihan menimbulkan keindahan, dan menjauhkan diri dari sumber penyakit. Karena jika lingkungan kotor, selain tidak elok di pandang, lingkungan yang kotor dan jorok, akan menimbulkan dampak negatif, seperti banyaknya penyebaran kuman, yang dapat menyebarkan penyakit di mana-mana.

Demi menjaga kebersihan lingkungan, Kades Kare, H. Sunarno bersama warga gotong royong membersihkan lingkungan. Minggu (16/2/2020) di sepanjang jalan Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun.

Kepada media, H. Sunarno mengatakan bahwa kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan akan rutin di lakukan setiap bulan secara menyeluruh, dengan sistem bergilir, demi menjaga dan terciptanya lingkungan yang rapi, bersih dan sehat. Lingkungan tetap bersih, dan sekaligus menyadarkan warga betapa pentingnya kebersihan lingkungan.

 "Ini akan kami agendakan secara menyeluruh, kita awali dari dusun Gondosuli kemudian nanti dusun Kare, Suweru dan sampai ke dusun Kandangan juga. Jadi kegiatan ini akan kami fokuskan setiap dusun, "jelas Kades Kare.

Kegiatan bersih-bersih ini melibatkan bukan hanya dari masyarakat, lanjut H. Sunarno, tetapi juga di ikuti oleh semua komunitas yang ada di desa Kare dan juga luar Kare. Selain warga masyarakat, perangkat desa, Ibu-ibu Pkk, kerjabakti juga melibatkan 3 perguruan pencak silat yakni PSHT, PSHW dan Pandan Alas.

Saat disinggung terkait penanganan sampah di JD (Jurang Dengkeng) beliau memberi penjelasan, "untuk penanganan sampah kebetulan bulan april nanti akan dapat bantuan container, nanti akan kami tempatkan di satu titik, tapi untuk lokasi kita belum bisa tentukan dimana, karena perlu kajian lebih lanjut, "terangnya.

Yang membuat warga salut, Camat Kare, Tarnu Ashidiq, M.Si dan Kepala Desa Kare, beliau berdua pada hari ini ikut terjun langsung melakukan pembersihan lingkungan bersama-sama dengan warga.

Sementara Camat Kare mengatakan, bangga melihat kades Kare terpilih yang mau ikut dan mempunyai program mengajak warganya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menjadikan desa Kare dan Kecamatan Kare lebih indah dan bersih sekaligus kesempatan yang tepat untuk menjumpai satu sama lain. Harapan saya ke depan desa Kare lebih indah dan bersih, "papar salah satu Alumni Program Pasca Sarjana Unair Surabaya tersebut.

Camat Kare, menambahkan, kegiatan yang dilakukan hari ini tentunya sangat positif bagi perkembangan desa Kare. Pasalanya, ada keterlibatan warga yang terjun langsung ke lapangan.

“Nah, dengan adanya program dan ajakan kerja bakti dari kades seperti yang kita lakukan hari ini kiranya menjadi tanda awal yang baik bagi perkembangan desa Kare, "ungkapnya.

Selain itu, lebih lanjut Tarnu Ashidiq menjelaskan, "Kare itu sendiri kan sebetulnya dari bahasa ingris 'care' (peduli), karena nenek moyang kita tidak bisa bahasa ingris, maka lidahnya menjadi Kare, begitu kan? Kare itu ada kepanjangannya, K, itu kreatif, A - aktif, R - responsif, relejius, kemudian E - nya empati dan emansipasi, "imbuhnya.

"Jadi warga masyarakat kita arahkan, kita gerakkan, untuk jadi orang yang peduli, peduli sama lingkungan, peduli sama keluarga, peduli pada diri sendiri dan tentunya juga peduli pada desanya, agar bisa bersama-sama memajukan desa Kare, "pungkasnya. (re/gw)