Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About as
Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Monday, February 17, 2020

Berapa Biaya Program Sertifikat Masal (PTSL), Dudulen Gambare Ben Paham?

Gemawilis - Warga masyarakat tekadang mendapat informasi kurang akurat, parahnya lagi info yang mereka dapat kadang juga hasil dari perguncingan warung kopi, alias dari obrolan semata tanpa data yang valid.

Bahkan, banyak yang kurang tau, atau kurang memahami dengan apa yang sudah di terbitkan oleh pemerintahan mengenai peraturan, baik pemerintahan desa, kabupaten bahkan pusat.

Karena minimnya informasi yang di dapat, kadang masyarakat menjadi bingung dan menjadikan hal tersebut sebagai bahan pergunjingan yang akirnya hanya memunculkan asumsi-asumsi kurang baik.

Nah, terkait dengan pogram Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sering jadi perbincangan warga, silahkan baca dibawah ini.

Terkait dengan pembiayaan program PTSL sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam SKB 3 Menteri (Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa) bahwa wilayah Jawa biaya yang boleh di pungut kepada penerima program PTSL sebesar 150.000.

Namun di Kabupaten Madiun sendiri, Pembiayaan PTSL sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Madiun Nomor 2A Tahun 2019.

Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa biaya PTSL hanya Rp 150 ribu. Namun apabila dipandang perlu dan tidak mencukupi, maka Kelompok Masyarakat dapat menambahkan biaya tersebut sesuai dengan kesepakatan antara Pokmas dan Masyarakat. (wj/gw)

BERITA TERKAIT