Home Berita Peristiwa Nasional Kriminal Laka Pendidikan Pertanian Kabar warga Wisata Sitemaps Privacy policy About
 

Tuesday, February 18, 2020

Kucuran Dana Desa Mengalami Peningkatan, Berapa Rata-Rata Per Desa?

Gemawilis - Untuk memperkuat ketahanan ekonomi desa, karena saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan perlambatan ekonomi akibat tekanan global. Dana Desa sangatlah penting untuk segera dan secepatnya tiba. Untuk dikelola langsung oleh desa, sesuai mekanisme yang ada.

Pada tahun 2020 ini, total pemerintah akan mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 72 triliun. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari anggaran pada tahun sebelumnya 2019, Rp 70 triliun.

Lewat program padat karya pemerintah berharap dana desa pada tahun ini akan mampu menyedot lapangan kerja, sehingga akan menjaga perputaran uang di desa.

Dana desa akan diarahkan ke sektor produktif seperti pengolahan pasca-panen, industri kecil pedesaan, budidaya perikanan serta desa wisata.

Dikutip dari siaran pers Kemendagri, Senin (17/2/2020). Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pemerintah telah menetapkan alokasi besaran dana desa pada 2020, rata-rata alokasi dana per desa besarannya mencapai Rp 960 juta.

Selain itu pada tahun 2020 ini, pemerintah akan menyalurkan dana desa secara langsung ke rekening pemerintah desa, tidak melewati jenjang kabupaten atau kota sebagaimana sebelumnya.

Kemendagri bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sudah sepakat memangkas sistem penyaluran. (jw/gw)

Topik Lain